Geo-GIS

Melihat Data Cuaca NetCDF di Panoply Bagian 1

Sebagian besar data cuaca digital dalam format GRIB, tetapi terkadang perlu juga melihat data khusus atau melihat ke data arsip yang hanya ada dalam format NetCDF (.nc). Berikut diuraikan prosedur penggunaan program gratis Panoply.

Tampilan setelah membuka file akan seperti gambar di bawah ini:

 

Data di sebelah kanan menjelaskan apa yang ada di dalam file, tetapi hanya sebagian yang mudah dipahami.

(1) Untuk memplot data, sorot dataset water_u, lalu klik Create Plot. Terima semua default dan klik Create. Plotnya muncul, tetapi dengan sedikit informasi yang ditampilkan, seperti di bawah ini.

 

(2) Sekarang pilih dataset water_v dan klik Combine Plot. Nanti akan muncul pop-up menunjukkan bahwa akan digabungkan dengan dataset water_u. Klik Combine.

(3) Sekarang pada dasarnya Anda akan melihat plot yang sama seperti sebelumnya, tetapi sekarang ada dua tab Array. Jika Anda suka, Anda dapat membuka tab untuk melihat data. Sekarang kita siap untuk menyesuaikan plot.

(4) Buat vektor: Di bawah tab Array, di baris atas, Plot [Map] of, ubah Array 1 – Array 2 ke menu drop down yaitu Vector Magnitude. Anda juga dapat memeriksa waktu dan tanggal data yang valid di tab Array ini.

(5) Atur Skala: klik tab Scale. Tampilan awal seperti gambar di bawah ini:

5a) Di menu Units, ubah m.s-1 menjadi knot, yang terakhir di menu drop down.

5b) Di menu Scale Range, atur min = 0, dan maks = 2,5, dan Enter atau klik di tempat lain. Setelah Anda memilih knots dan min = 0, Anda dapat memilih Fit the Data untuk melihat nilai terbesar yang dilihat sebagai panduan, tetapi umumnya bergantung pada pengetahuan Anda sendiri tentang data teratas. Ada juga interaksi antara data tertinggi dan spasi data yang kami bahas di bawah ini.

5c) Di bawah Scale Caption, pilih Custom, lalu ketik “Current Speed (kts).”

5d) Untuk tampilan yang lebih bersih, pada baris Format Tick, ubah major devision menjadi 5.

Tampilan sudah mendekati apa yang kita inginkan. Judul teratas masih salah dan vektor default adalah 10,3 kts saat ini yang hanya berupa titik, jadi harus diperbaiki. Tapi pertama-tama kita menggunakan tab Map untuk fokus pada wilayah yang diinginkan dan opsi tampilan lainnya.

 

Exit mobile version
Skip to toolbar