Geo-GIS

Georeferensi Data CAD di ArcGIS Pro

Tool yang diperlukan untuk melakukan georeferensi dataset CAD di ArcGIS Pro terletak di tab CAD Layer. Anda dapat menggunakan tool interaktif ini untuk memposisikan ulang data, serta memberikan titik kontrol ke koordinat geografis tertentu.

Untuk menampilkan alat, pilih layer feature CAD di panel Content kiri, dan klik tab CAD Layer. Klik Georeferensi di grup Alignment. Pastikan agar menu muncul untuk memilih langsung ke layer CAD yang ada di bawah grup CADnya, jika memilih grup layer CAD maka menu CAD tidak akan muncul, sedangkan layer yang dipilih bebas.

Semua perintah dan pada pada tab CAD Layer muncul dan aktif pada saat layer feature CAD yang dipilih di panel Content. Georeferensi pada satu feature layer CAD akan menerapkan transformasi itu ke seluruh kumpulan data CAD yang ada (dalam satu file DWGnya). Setelah Anda membuat georeferensi feature layer CAD, Anda dapat menambahkan kelas fitur lain dari kumpulan data itu ke peta dan mereka akan dibatasi oleh titik kontrol yang sama.

Gambar 2. Klik pada layer bebas untuk mengaktifkan tool CAD

Beberapa metode dalam Melakukan Georeferensi Dataset CAD:

  1. Tambahkan Referensi Spasial (Proyeksi)

Jika Dataset CAD Anda tidak memiliki sistem proyeksi yang ditentukan tetapi sudah ada koordinat, Anda dapat menerapkannya menggunakan tool Define Projection grup menu Alignment pada menu tab CAD Layer pada menu besar Tools. Menetapkan referensi spasial adalah praktik terbaik untuk menghasilkan transformasi yang akurat.

  1. Pindah Dataset ke Tampilan Terkini.

Jika gambar CAD tidak mempunyai koordinat (0,0,0) atau secara signifikan berbeda dari koordinat peta dalam dataframe Anda, dataset CAD dapat ditambahkan di luar wilayah data Anda. Ketika ini terjadi, perbesar ke area tujuan dan klik menu Move To Display di menu grup Prepare di bawah menu tab CAD Layer pada menu tab Tools. Ini menggeser dataset CAD agar sesuai dengan tampilan view saat ini, di mana pun lokasinya. File akan mempertahankan skala aslinya. Jika Anda perlu menskalakan file lebih jauh agar sesuai dengan peta Anda, lihat bagian di bawah ini.

  1. Putar, Pindahkan atau Menskala Dataset CAD

Dalam kebanyakan kasus, memposisikan dataset Anda sebelum menambahkan titik kontrol dapat membantu Anda menyelesaikan tugas dengan lebih mudah. tool Rotate, Move, dan Scale memungkinkan Anda untuk memanipulasi dataset tanpa menggunakan titik kontrol/GCP. Tool ini berada di grup menu Prepare pada menu tab CAD Layer pada menu besar tab Tools.

  1. Tambahkan titik kontrol/GCP atau Ground Control Point

Menambahkan titik kontrol adalah praktik terbaik untuk melakukan georeferensi yang tepat. Titik kontrol memungkinkan Anda untuk memindah CAD tertentu dalam dataset Anda ke feature yang sesuai dalam data kontrol Anda.

Untuk menambahkan titik kontrol, klik menu Add Control Points di grup menu Adjust pada menu tab CAD Layer pada menu tab Tools. Untuk memperbarui tampilan peta berdasarkan titik kontrol yang dibuat, klik Apply.

Dalam tabel Titik Kontrol, Anda dapat mengubah nilai numerik titik kontrol saat Anda membuatnya. Untuk membuka tabel Titik Kontrol, klik Control Point Table dalam menu grup Review pada menu tab CAD Layer pada tab Tools.

Simpan Transformasi

Setelah menambahkan titik kontrol secara manual atau memuatnya dari world file (.wld), Anda memiliki tiga opsi untuk menyimpan transformasi dan georeferensi dataset. Opsi ini ada di tab CAD Layer di grup Save.

a. Save—Menyimpan titik kontrol ke file .wld di workspace CAD dan menerapkan transformasi.

b. Save To Workspace—Menyimpan world file universal (esri_cad.wld) ke workspace CAD.

c. Save as New—Membuka kotak dialog Simpan sebagai file baru, memungkinkan Anda untuk menyimpan worldfile atau worldfile universal di luar workspace CAD.

Exit mobile version
Skip to toolbar