Geo-GIS

Mengedit nilai Piksel DEM dalam QGIS menggunakan Plugin Serval

Mungkin kadang-kadang Anda perlu mengedit beberapa sel raster dan mengubah nilainya. Menggunakan Plugin Serval QGIS Anda dapat melakukan ini.

Anda dapat menginstal plugin ini dengan masuk ke Plugins> Manage and Install Plugins dan ketikkan Serval di kotak pencarian.

Setelah instalasi selesai, Anda dapat menemukan plugin yang baru diinstal dengan masuk ke Plugins> Serval> Show Serval Plugin. Toolbar plugin akan muncul.


Toolbar plugin baru memiliki beberapa tombol. Mode Probe, Mode Drawing, dan Set Raster Value to NoData.


1. Mode Probe memungkinkan Anda untuk memeriksa nilai sel dalam raster. Mengkliknya dan kemudian pada sel raster Anda akan mendapatkan nilainya.

  1. Mode Drawing mengaktifkan kemampuan untuk mengubah nilai-nilai sel raster. Setelah Anda menentukan nilai sel raster menggunakan Tombol Probe Anda dapat memodifikasinya dengan mengetikkan nilai yang Anda inginkan di kotak ketik.


Setelah Anda mengetik nilai yang diinginkan kembali dan klik piksel raster yang ingin Anda edit dan akan ditetapkan nilai barunya.

Pada gambar di bawah ini kami menetapkan nilai 765 m ke dasar sungai, membuat bendungan buatan dalam file raster.

  1. Mengklik pada Set Raster Value to NoData dan kemudian klik ke dalam file raster akan mengatur sel raster yang diklik ke NoData.