Site icon Blog SIG dan Geografi

Kurva Hipsometrik , HI, dan Indeks R1 Bagian-2

GAMBARAN UMUM KONSEP HYPSOMETRI

Hipsometri adalah ukuran hubungan antara ketinggian dan luas dalam suatu DAS, cekungan atau daerah tangkapan air (Langbein, 1947; Strahler, 1952). Hipsometri cekungan sangat terkait dengan respons banjir dan umur erosi cekungan. Indeks Hipsometrik (nilai) dan Kurva Hipsometrik (kurva) adalah produk analisis hipsometrik. Kurva Hipsometrik dapat dihasilkan untuk Wilayah Cekungan (Hb) atau Panjang Saluran (Hr, Hn). Jika Anda melakukan keduanya, maka Anda mungkin ingin mengambil langkah berikutnya: hitung Indeks R1 Demoulin (Demoulin, 2011). Integral Hipsometrik Eksplisit Spasial adalah pilihan lain (Cohen et al., 2008), indeks hipsometrik dapat menjelaskan efek lokal dari denudasi dan tektonik uplift.

INDEKS HYPSOMETRIC
Indeks hipometrik (HI), kadang-kadang disebut Rasio Elevasi / Relief, dapat dengan cepat dihitung untuk cekungan apa pun. HI adalah angka yang secara kasar merangkum relief cekungan – indeks umum perkembangan erosi. HI berguna ketika membandingkan beberapa cekungan satu sama lain karena dapat menyoroti anomali cekungan di pegunungan. Nilai HI ditulis dalam dua desimal.
Nilai HI <0,30 menggambarkan cekungan  dengan “tektonik stabil”, “terinudasi”, “tua” menurut W.M. Davis. Nilai HI> 0,60 menunjukkan cekungan “tidak stabil”, “tektonik aktif”, “muda”. Willgoose & Hancock (1998) memiliki pandangan yang sedikit berbeda tentang HI. Mereka menganggap nilai> 0,5 didominasi oleh proses difusi (terutama proses lereng bukit). Nilai HI <0,5 dianggap didominasi oleh erosi fluvial (proses saluran memainkan peran yang lebih besar). Kurva hipsometrik yang lebih “seimbang”, berbentuk S, atau lurus (HI ~ 0,50), menyarankan lanskap yang relatif stabil, namun masih berkembang. Yang perlu diperhatikan: adalah mungkin untuk cekungan dengan sejarah geomorfologi yang sangat berbeda memiliki nilai HI yang identik. Kurva yang tampak serupa dapat dihasilkan oleh interaksi kompleks dari iklim, tektonisme, sedimentasi, resistensi batuan (Bishop et al., 2002).

Temukan Total Relief dengan Matematika Sederhana
– Nilai ketinggian Min dan Max dengan cepat ditemukan di ArcMap dengan melihat lapisan DEM di TOC. Nilai elevasi Min dan Max ditampilkan di legenda, jika Anda telah memilih tombol tampilan “List by Drawing Order”. Jika tidak, maka lihat di Properties> tab Source> gulir ke bawah untuk melihat Statistik.

Hitung Nilai Indeks Hometometrik (HI) untuk Basin/Cekungan

HI = (Emean – Emin) / (Emax – Emin)

Emean = Nilai ketinggian rata-rata (dari ringkasan statistik ringkasan raster DAS; bukan median)
Emax = Nilai ketinggian maksimum
Emin = Nilai ketinggian minimum (outlet)

KURVA HYPSOMETRIC
Untuk kurva hipsometrik, area kumulatif dan relief normal biasanya diplot pada sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X diskalakan dari 0 ke 1 (area kumulatif yang dinormalisasi). Sumbu Y adalah elevasi yang dinormalisasi, juga diskalakan dari 0 hingga 1. Beberapa kurva untuk cekungan/basin yang berbeda dapat diplot bersama pada satu grafik (tambahkan beberapa Seri ke bagan di Excel).


Bentuk kurva hipsometrik adalah sesuatu yang harus Anda pelajari untuk ditafsirkan. Bentuk adalah indikator proses geomorfik dominan yang bekerja di daerah aliran sungai (difusif atau fluvial). Kurva cembung menunjukkan hal terkait daerah aliran sungai (atau volume batu dan tanah) yang relatif tinggi posisinya di daerah aliran sungai. Dalam hal ini, proses lereng bukit difusif seperti tanah longsor, cipratan air hujan, erosi interrill, rambatan tanah, dll., Memainkan peran yang lebih besar. Kurva cekung menunjukkan sebagian besar wilayah cekungan (atau volume batuan dan tanah) berada pada ketinggian yang relatif rendah. Lebih banyak material telah dipindahkan dari daerah yang lebih tinggi dan diangkut ke daerah yang lebih rendah atau dipindahkan sepenuhnya dari basin. Kurva cekung menunjukkan proses chanelisasi / linear / fluvial / alluvial mendominasi.

 

 

 

 

 

Pengaturan dan Perhitungan Spreadsheet
– Siapkan spreadsheet baru di Excel dengan kolom dan judul seperti yang ditunjukkan pada contoh gambar.

Contoh: Kisaran ketinggian dalam contoh DAS adalah 1957 hingga 3187m. Nilai Break untuk kelas 1-10 adalah: 2080, 2203, 2326, 2449, 2572, 2695, 2818, 2941, 3064, 3187.

  • Masuk ke Excel di bawah kolom Break Values untuk kelas 1-10.
  • Lihat Contoh Gambar Spreadsheet untuk perhitungan hypsometry untuk kurva elevasi-area.

  • Grafik Kurva Hipsometrik
    – Bagan di bawah ini menunjukkan cara memplot data dari contoh spreadsheet DAS.

    Exit mobile version
    Skip to toolbar