Geo-GIS

Weave – Visualisasi Data Open Source

Weave adalah   penawaran open source oleh Open Indicators Consortium.  OIC sendiri adalah kolaborasi antara Institute for Visualization and Perception Research (IVPR) di University of Massachusetts Lowell dan anggota dari berbagai departemen pemerintahan dan LSM.

Wave adalah singkatan dari Web-based Analysis and Visualization Environment dan dimaksudkan untuk “mengijinkan pengguna baik awam maupun profesional untuk menganalisa, memvisualisasikan, dan menyebarluaskan data dan indikator pada tingkat awal dari geografi pada lokasi dan waktu manapun”. Weave menyasar pada penawaran aplikasi yang intuitif untuk memberikan data dengan format beragam pada publik. Aplikasi Weave termasuk peta, tabel, dan grafik yang saling terkait. Ini akan mengijinkan pengguna untuk dengan mudah melihat hubungan antar data. Ketika pengguna mengklik nilai data pada salah satu jendela visualisasi, maka nilai yang terkait pada peta dan tabel lain akan tersorot. Pengguna dapat menambahkan data , mengakses banyak pilihan tool , dan merekam sesi Weave mereka untuk digunakan lain waktu atau dibagikan pada pengguna lain.

Dibangun menggunakan Adobe Flex dan ActionScript, proyek ini dipimpin oleh Professor Ilmu Komputer, Professor Georges Grinstein, yang merupakan direktur Institute for Visualization and Perception Research dan juga Center for Biomolecular and Medical Informatics.  Kurang lebih 25 mahasiswa berpartisipasi pada pengembangan Weaves selama 3 tahun. Pengembangan Weave juga terbantu oleh partisipasi 5 mahasiswa IVPR (dari mahasiswa doktoral sampai undergraduate) pada Google’s Summer of Code program. Weave masih berstatus Beta 1.0 dan mendapatkan pendanaan dari anggota Open Indicators Consortium, John S. and James L. Knight Foundation, dan Barr Foundation.   Weave digunakan oleh beberapa pemerintahan local seperti Boston, San Antonio, Kansas City, Atlanta, Chicago, Seattle, Portland, dan Grand Rapids, dan juga Massachusetts, Arizona, Ohio, Michigan, Connecticut, Rhode Island, dan Florida.  Rockford, Illionois merupakan kota yang juga menggunakan Weave di situsnya www.ourvitalsigns.com .

Terdapat demo yang dapat diakses  yang menunjukkan fitur unggulan Weave di SINI. Download instruksi dan dokumentasi dapat diakses di Wiki Weaves.

 

Sumber : GISLounge

Exit mobile version
Skip to toolbar