Geo-GIS

5 Alasan memakai QGIS

Hae hae jumpa lagi :kbgt:

QGIS, salah satu software GIS kegemaran penulis, berikut kenapa kita perlu mulai belajar menggunakan QGIS :

1. QGIS itu gratis

QGIS di bawah naungan FOSS (Free and Open Source Software), hanya dengan berbekal koneksi internet anda dapat mengunjungi situs QGIS dan mendownload software tersebut, tidak ada biaya apapun dan source code tersedia dan dibawah lisensi GPL

2. QGIS itu Cross Platform

Anda mempunyai mesin LINUX, MAC atau WINDOWS, tidak masalah, terdapat berbagai jenis installer untuk sistem operasi yang populer, bahkan anda bisa menginstall di Android, bagi anda yang menginginkan menjalankan QGIS di tablet yang kompatibel.

3. Pengguna Open Source GIS Yang Semakin Banyak

Pertumbuhan pengguna QGIS cukup menggembirakan sebagai alternative software komersial. Memang sangat sulit seberapa besar pengguna QGIS sebenarnya, tetapi seorang developer QGIS mencoba melakukan analisis dengan berdasarkan geocoding alamat IP para pendownload dan mengestimasi pada Desember 2011 sekitar 100.000 pengguna QGIS di seluruh dunia.

Kemudahan penggunaan dan interface yang familiar seperti software komersial lainnya mungkin merupakan salah satu faktor yang turut mendukung perkembangan penggunaan QGIS selain itu karena tanpa biaya maka banyak juga perusahaan dan agen yang ingin menghemat pengeluaran mereka tertarik menggunakan alternative QGIS.

4. Banyak Dukungan dan Tutorial untuk QGIS

Jika anda khawatir bagaimana cara mengoperasikan QGIS, jangan khawatir, keuntungan Open Source adalah pada dukungan komunitasnya. Banyak sekali sukarelawan dan developer yang bekerja menambal cacat dan mengembangkan kemampuan QGIS. Nathan W membuat seri tutorial video QGIS buka di video QGIS .

Dukungan akan masalah dapat anda post langsung di forum GIS Stack Excange dengan tag QGIS. Di situs QGIS sendiri ada tutorial dengan judul “How do I do that in QGIS?” berisi tutorial mengenai data vektor, raster , analisa spasial dan kartografi. Blog Free and Open Source GIS Ramblings yang dimiliki oleh Anita Grazer sangat direkomendasikan, selain itu artikel Getting Started with QGIS memberikan pemahaman lebih jauh tentang QGIS.5. Resume BuilderPertanyaan selanjutnya adalah dengan meningkatnya penggunaan QGIS, berapa banyak lapangan kerja yang membutuhkannya. Survey mengenai pekerjaan di bidang GIS menyatakan 14% responden menggunakan software GIS Open source sebagai software kedua mereka untuk bekerja. Para profesional GIS berkeinginan untuk tetap kompetitif dan membangun pengalaman dengan berbagai jenis software GIS open source dan komersial.Anda dapat mendownload dan belajar QGIS DISINI

Sumber :

http://www.gislounge.com/five-reasons-to-start-using-qgis/

Exit mobile version
Skip to toolbar