Geo-GIS

Simbol Isian Gambar pada Peta

Kunci dari pemilihan simbol gambar ketika melibatkan realisme adalah memilih simbol yang mempunyai kenampakan random. Trik lain adalah memilih simbol yang mirip dengan feature yang anda petakan. nah ArcGIS menyediakan sejumlah besar gambar yang dapat digunakan dan sesuai dengan kriteria yang sama dengan obyek yang dipetakan, ikuti langkah di bawah ini :

1. DI Arcmap, klik kanan pada poligon, dan pilih properties

2. Pada tab Symbology, gunakan simbolisasi single atao berdasarkan kategori, sesuaikan dengan atributnya.

3. Double-klik pada simbolnya, dan klik edit symbol

4. Ganti tipe menjadi “Picture Fill Symbol” dan klik pada tombol “Picture”

5. Navigasikan ke file gambar yang bersangkutan, biasanya di C:\Program Files (x86)\ArcGIS\Desktop10.0\Styles\Pictures

6. Pilih gambar yang mempunyai kenampakan random dan mirip dengan kondisi sebenarnya, sebagai contoh, misal danau kering, anda bisa mencari gambar pasir.

7. Ganti warna foreground dengan dengan warna yang miripobyek yang akan dipetakan.

8. Ganti warna background menjadi “no color” sehingga variasi pada background dapat dilihat pada poligon tidak ditutupi oleh warna background.

9. Lakukan eksperimen dengan nilai Scale X dan Scale Y untuk mendapatkan kenampakan yang mirip.

10. Anda dapat menambahkan layer kedua pada simbol, dan menggunakan isian gradasi untuk menambahkan background warna pada simbol.

Untuk menentukan warna background, bisa menggunakan tool “Eye Dropper” seperti di photoshop, dari Arcmap, buka menu Customize, klik tab Commands dan cari kategori Page Layout dan pilih toolnya dan drag ke area toolbar yang dikehendaki. Sedangkan untuk mendapatkan versi lebih gelap dari background dapat menggunakan model warna HSV dan set nilainya menjadi lebih rendah

11. Klik OK,

Exit mobile version
Skip to toolbar