Geo-GIS

Menggunakan Peta Dasar Kustom di Webgis Arcgis.com

 

Pada akun arcgis, penggunaan basemap kustom berdasarkan apakah anda menggunakan Arcgis.com map viewer atau Explorer online. pada kesempatan kali ini akan diterangkan mengenai basemap kustom pada ArcGIS.com map viewer. Buka ArcGIS.com map viewer dengan default basemap yang telah ada, kemudian cari layer yang akan digunakan sebagai basemap kustom anda. Klik Add, kemudian “Search for Layers” dan cari layer anda

 

setelah anda menemukan layer service yang dimaksud, jangan melakukan klik “add” tetapi klik nama item yang bersangkutan dan pilih “Use as Basemap”

Maka anda akan membuat peta online dengan peta dasar yang telah anda pilih ini , :beer:

 

Okeh sekarang kita akan uraikan bagaimana jika menggunakan ArcGIS Explorer Online, memang sedikit berbeda, pertama-tama jalankan Start Explorer Online, klik “New Map” kemudian pilih “Advanced”

 

Jika anda telah memasukkan item servis peta yang ingin digunakan, klik “My Services” untuk mencarinya. kalo belum gunakan fungsi “Search” untuk mencarinya, kemudian klik pada thumbnail untuk memilihnya

 

klik “create”

Maka anda akan membuka service peta dengan peta basemap yang telah anda pilih tadi. :beer:

 

Nah cara lain adalah dengan menambahkan langsung dari service yang dipublikasikan pada direktori service arcgis. masuk ke direktori servis dan kopi URL servis.

 

Dengan ArcGIS.com map viewer, pilih “add” dan “Add Layer from Web” dan paste URL di kolom dan jangan lupa centang pada ” Add As Basemap”

 

Anda juga dapat menggunakan servis OGC untuk basemap dengan cara yang sama

Menggunakan Explorer Online relatif sama, buka aplikasi, pilih “New Map” kemudian pilhi “Advanced” kemudian pilih “Service URL” dan paste URL dari direktori pada kolom, kemudian anda juga dapat klik Test untuk memastikan peta anda berjalan dengan sempurna.

 

Kita bisa mengubah properti dari basemap, buka ArcGIS.com map viewer dan letakkan kursor mouse pada peta basemap dan klik pada tanda panah yang keluar dan pilih”transparency”

 

njoy gan :cendolbig

source : ESRI Blog

Exit mobile version
Skip to toolbar