Site icon Blog SIG dan Geografi

Cara cepat dan simpel ArcGIS Mashup dari Foto Flickr dan cek in Foursquare

Hallo semuanya, ketemu lagi neh :malu

Hem, kemaren habis jalan-jalan virtual, eh nemu artikel menarik, mengenai cara simpel untuk membuat ArcGIS Mashup dengan Flickr dan Foursquare. 😀

tentu saja, anda harus punya ketiga akun di atas, dan sedikit banyak familiar dengan ketiganya, anda dapat mendaftar gratis di ArcGIS.com, Flickr, dan Foursquare :beer:

Login terlebih dahulu dengan akun ArcGIS anda, kemudian buat peta dengan menambahkan layer sesuai kebutuhan, bisa dengan file GPX atau paket shapefile yang telah di kompres dari ArcGIS, set saja sesuai kebutuhan dan terlihat indah :army:

nah, untuk yang pertama, jika anda ingin menshare foto dari Flickr ke dalam peta ArcGIS tadi, anda perlu mencari geoRSS dari foto yang bersangkutan, login ke Flickr, kemudian cari RSS feed di bagian paling bawah akun anda, kemudian set ke GeoRSS. langkah selanjutnya masukkan ke Peta.

 

Nah, selanjutnya untuk memasukkan data check in anda di foursquare ke akun arcgis anda, anda juga harus menemukan feeds dari akun foursquare anda. umumnya terletak di https://foursquare.com/feeds/ , login ke akun foursquare anda, kemudian masuk ke halaman tadi, nah disitu akan terlihat history dari check in anda, dengan format RSS, KML dan ICS. langkah selanjutnya adalah menambah layer di akun ArcGIS dengan KML Foursquare anda sebagai layer baru.

langkah terakhir adalah melakukan edit Judul dan meta data. hasil akhirnya kira-kira seperti ini :

anda juga dapat melakukan embed pada hasil peta anda di web arcgis ke dalam websites pribadi anda,

njoy semuanya :cendolbig

 

sumber : GISUser Blog

Exit mobile version
Skip to toolbar