Geo-GIS

Eksport Citra Terklasifikasi ke Polygon di ENVI

kelas yang didefinisikan oleh berbagai jenis metode standar klasifikasi ENVI dapat diekspor menjadi satu atau lebih layer vektor. ENVI juga mengijinkan pemilihan tingkatan kecerahan citra untuk di ekspor menjadi layer vektor.

Buka citra terklasifikasi ke dalam ENVI
Buka file citra sebagai background untuk definisi ROI dan eksport ke vektor :

Select File->Open Image File from the ENVI Main menu.

Sebagai catatan bahwa beberapa platform anda harus menekan tombol mouse kiri untuk menampilkan submenu pada main menu.
Halaman untuk memasukkan input data akan terbuka
Navigasi menuju ke citra dan klik OPEN
Citra terklasifikasi akan muncul pada available band list, kemudian load citra sebagai citra grayscale dengan mengklik nama band dan kemudian load band.

Generalisasi citra terklasifikasi

Untuk menjadikan proses konversi raster ke vektor menjadi baik, perlu dilakukan proses generalisasi hasil dari pemrosesan raster. Jika anda tidak melakukannya, maka akan berakhir dengan poligon yang mengelilingi piksel individual atau kelompol kecil piksel.
1. Buka citra hasil klasifikasi, kemudian terapkan filter saring 5 piksel dan kemudian filter generalisasi 5×5
2. Konversi hasil dari proses generalisasi di atas menjadi poligon. pilih Classification->Post Classification->Classes to Vector Layers.

Membuat Poligon

1. Pilih region atau area pada checkbox di halaman deskripsi region. kemudian pilih eksekusi memori dan klik OK. status proses vektorisasi akan tampil
2. Pilih 2 layer dengan mengklik checkbox disebelah nama, klik Load Selected, dan pilih Display Windows #1 untuk menampilkan garus luar vektor pada citra klasifikasi yang tergeneralisasai
3. Alternatif lain, pilih Vector Window #1pada kotak dialog Load vector untuk menampilkan pada window Vektor ENVI. klik Apply pada layar dialog Vector Window Parameters untuk menampilkan vektor yang terpilih ke dalam tampilan.
4. Pelajari ulang antara layer vektor dengan hasil vektorisasi dari citra terklasifikasi, klik edit layer jika dan rubah parameter layer vektor untuk meningkatkan tampilan dengan mengisi warna pada poligon jika diinginkan.

Contoh hasil :

Njoy gan :beer:

sumber : www.ltid.inpe.br

Exit mobile version
Skip to toolbar