Site icon Blog SIG dan Geografi

Ekstrak file backup Nokia Symbian

e63
Kebetulan saya punya Nokia E63, dan sebuah kesenangan tersendiri bisa ngoprek alias hack handphone kesayangan saya ini, dengan hack ini, saya bisa menginstal software semau saya dan saya bisa memodifikasi Symbian saya ini.
Sebagaimana yang kita ketahui, Symbian adalah Operating System (OS) yang dikembangkan oleh Symbian. Ltd pada awalnya. yang kemudian konsorsium pembuat symbian keseluruhan sahamnya dibeli semua oleh Nokia, jadi praktis, sekarang Symbian menjadi milik Nokia.
Symbian menganut sistem closed source, tidak seperti android, jadi kita dilarang untuk memodifikasi sistem, sehingga hacking merupakan salah satu cara untuk memperoleh kebebasan memodifikasi sistem symbian.
Karena melakukan hacking, maka potensi corrupt file sistem menjadi rawan, sehingga diusahakan perlu backup data setiap saat. backup ini dapat dilakukan dengan mudah dengan software Nokia OVI suites (pengganti Nokia PC Suites).
Tapi bagaimana kalo ternyata file backup kita ternyata juga corrupt, sehingga kita mau mengambil dokumen kita saja tanpa memasukkan sistem, atau kita mau mengekstrak sesuatu dari file backup nokia kita tanpa harus melewati HP kita (karena akan repot dan memakan waktu) :cd .
ada software yang dapat digunakan untuk mengekstrak data backup nokia, namanya adalah nbuexplorer dan nokisoft. apa beda keduanya ?, 😀 yang nokisoft berbayar dan yang nbuexplorer gratis :recsel

nah untuk nokisoft seperti ini bentuknya :

fiturnya :

Use phone data the way you want

The Noki-extracted data can be saved in text, Excel .xls, .csv or Html files which are much accessible than the original binary format (.nfc, .nfb, .nbu, .cdb or .arc). Other files extracted (3gp, image, photo, mp3, mp4 etc) will remain their original format.

Export to a bunch of applications

The Noki-exported backup file can be easily imported into other applications (which include Microsoft Outlook and Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Microsoft Excel, OpenOffice Calc, Firefox, IE and Nokia PC Suite).
Support ALL Nokia backup file formats

Supported formats are: .nbu, .nfb, .nfc, .cdb and .arc:

1. .nbu, .nfb and .nfc: backup file of PC Suite (v6.5 ~ v7.1).
2. contacts.cdb: Symbian Contacts Database for all Symbian phones (include Nokia, Siemens, Sony Ericsson etc.).
3. backup.arc: mass storage/SD card backup file.

From everyday phone data extracting to forensic investigations

You can smothly upgrade your PC Suite to new versions without worrying about the compatibility issue. Noki takes care of the compatiblity of the different versions.

TRIAL DOWNLOAD DISINI

Untuk nbuexplorer, screenshoot nya seperti ini :

fiturnya sebagai berikut :

Nokia NBU, NFB & NFC backup file (produced by Nokia Content Copier) and ARC backup file (phone side backup to memory card) parser, extractor and viewer. It can help you to check content of backup or extract files from it. Requires MS .Net Framework 2

dapat anda download di SINI

selamat mencoba :rate

Exit mobile version
Skip to toolbar