Site icon Blog SIG dan Geografi

ET Geotools 9.4

Halo para pemerhati GIS

salah satu kendala bagi para pengguna ArcGIS adalah masalah lisensi yang sangat mahal. ini tentunya tidak termasuk para pengguna software bajakan (termasuk penulis, hehehe).

ET Geotool merupakan suatu set ekstensi yang dapat memberi kemampuan tambahan pada produktivitas editing. dan khususnya pada para pengguna ArcGIS dengan lisensi Arcview yang relatif terbatas kemampuannya, ekstensi ini akan meningkatkan kemampuan ArcGIS anda khususnya dalam hal editing setingkat dengan lisensi Arcinfo dan bahkan lebih.

setelah instalasi maka di setting toolbar akan ada 5 toolbar tambahan, yaitu :ET GeoTools, ET Attributes, ET COGO, ET Miscellaneous, dan ET Graphics. beberapa fitur dari ETGeotool adalah :

1. kemampuan editing yang cepat dan efisien

2. identifikasi error topologi seperti gap, overlap (poligon), menggambar nodes dan duplikat untuk garis

3. mengkoreksi error topologi di shapefiles atau geodatabase

4. tanbahan geometri baru dan mempertahankan hubungann topologi antar features

5. memberi kemampuan setingkat lisensi arceditor dan arcinfo pada pengguna lisensi arcview, seperti : generalisasi, smoothing, membuat poligon dari garis, dll

6. memberi kemampuan penggunaan aturan update atribut ketika memecah atau menggabungkan garis dari shapefiles atau geodatabase (tidak ditemukan di lisensi arcgis manapun)

7. memungkinkan capture data spasial bersama dengan atribut

8. produktivitas dalam hal kopi, edit, data atribut.

9. pengguna lisensi Arcview dapat mengedit atribut feature class SDE sederhana

10. modul COGO, traverse dan inverse untuk lisensi arcview

toolbar dari ekstensi ini sangat lengkap dan menurut penulis, cenderung terlalu banyak berjajar. mungkin perlu dipertimbangkan untuk mengelompokkan dalam grup dan memakai menu model dropdown untuk menghemat tempat. tetapi kelemahan ini sedikit dapat diimbangi dengan penjelasan detail untuk setiap tombolnya yang tersusun rapi di halaman ini. anda dapat mempelajarinya dengan seksama di halaman tersebut.

sampai saat tuklisan ini dibuat, versi terakhir dari Geotool adalah versi 9.4 yang di release 30 juni 2008. terdapat perbaikan dan juga bugfix didalamnya, diantaranya :

a. Dukungan akan ArcGIS 9.3

b. tambahan toolbar graphic, dengan puluhan fungsi di dalamnya, yang pada dasarnya untuk manipulasi grafis

c. tool baru yaitu :Validate edits command, Split polygon by area, Square polygon corners, dan Identify non simple M values

d. dan ratusan peningkatan fungsi serta banyak perbaikan kesalahan lainnya.

lihat detailnya di halaman ini

sang pembuat ekstensi memberi limitasi yang relatif longgar terhadap produknya yang belum teregister. bahkan untuk fungsi dasar yang umum digunakan, dapat digunakan secara gratis, sedangkan tool-tool advanced dibatasi hanya untuk proses sebanyak 100 record saja. tetapi tidak ada batasan waktu untuk penggunaannya. untuk melihat mana saja tool yang dapat digunakan secara free dapat dilihat di halaman ini

bagi anda yang tertarik untuk mencobanya, dapat mendownload di link di bawah ini :

ET Geotool 9.4 untuk ArcGIS 9.2 atau lebih

ET Geotool 9.4 untuk ArcGIS 9.0 dan 9.1

ET Geotool 9.3 untuk ArcGIS 8.x

Petunjuk Penggunaan ET Geotool (chm)

Petunjuk Penggunaan ET Geotool (pdf)

di situsnya terdapat juga video tutorial mengenai beberapa contoh penggunaan fungsi dari geotool, video tersebut dapat di download secara langsung di bawah ini :

video clean polyline dan build poligon

video membuat jalan dengan garis dobel dari garis tengah jalan

video membersihkan gap/celah

video perbandingan standar edit tool topologi dengan tool move shared node ET Geotools

SELAMAT MENCOBA,-

Exit mobile version
Skip to toolbar