Geo-GIS

ERMAPPER 7.1

Tentu bagi para analis GIS pasti akan familiar dengan software ini. Ermapper merupakan salah satu software proprietary untuk pemrosesan citra yang sangat terkenal.penulis pun menggunakan software ini dalam beberapa pekerjaannya. jika dibandingkan software pemrosesan citra lain, Ermapper memerlukan dasar pengetahuan yang cukup mengenai pemrosesan citra, dikarenakan GUI yang sedikit rumit,sedikit waktu diperlukan untuk memahami toolbar dan GUI software ini agar kita dapat menggunakannya dengan nyaman.tetapi kekurangan ini dapat ditutupi dengan fungsionalitas yang sangat fleksibel, sebagai contoh pada fungsi algoritma citranya. membuka, menampilkan, mengintegrasikan, serta memaksimalkan citra dapat dilakukan dengan software ini. Ermapper juga menyediakan wizard untuk kemudahan operasional, yang menurut penulis, memang sangat membantu sekali, dibandingkan cara manual via toolbar. pemrosesan citra dilakukan secara dinamis, dengan berbagai macam pilihan fungsi, seperti NDVI, histogram, serta berbagai macam algoritma lainnya. selain itu proses mosaik citra dapat dilakukan dengan cukup mudah dan cepat. serta keunggulan kompresi ermapper dengan ecw dan jpg2000 yang akan menghemat space hardisk anda serta resource komputer saat meload citra tersebut.
Sampai saat tulisan ini ditulis, Ermapper sudah dikembangkan sampai versi 7.1 dengan beberapa fitur baru, yaitu :
1. peningkatan performa GeoTIFF, meliputi
membaca dan menulis file lebih dari 2GB
mendukung 32 bit TIFFs
mendukung JPEG terkompresi TIFFs
2. mendukung JPEG 2000 dengan alpha channel
3. beberapa format baru yang didukung,yaitu :
ERDAS Imagine (IMG) 8.x
ArcInfo ASCII grid
SDTS
CGRA DEM format
PNG 24 bit (baca langsung)
4. peningkatan dukungan cetak citra dari Image Web Server
5. Toggle “reprojection-on-the-fly”
6. format citra IRS-P6 Indian
7. datum baru :
NAD83 High Accuracy Reference Network
(HARN) PETROLEUM DEVELOPMENT
OMAN SURVEY DATUM 1993 (PSD93)
8. proyeksi baru :
HARN Arizona Central (Feet)
HARN Arizona Central (Meters)
Idaho Transverse Mercator for NAD83
(IDTM83) Mississippi Transverse
Mercator (MSTM)
9. peningkatan performa inti

selain produk Ermapper Professional, produk lain yang diluncurkan meliputi ermapper image compressor, yaitu sebuah tool untuk melakukan kompresi untuk citra untuk lebih menghemat space media penyimpanan. Erviewer merupakan tool untuk memvisualisasikan data. image web server merupakan solusi enterprise untuk database citra. Image integration network, yaitu framework untuk pengembangan aplikasi berbasis ermapper dan pengintegrasian dengan tool lainnya. juga bagi pengguna produk ESRI, dan juga software imaging, serta GIAS lainnya, disediakan pula plugin gratis,sehingga anda dapat membuka file citra native format Ermapper, yaitu .ers
untuk mencoba software trialnya, anda dapat mendownload di halaman download, tetapi anda diharuskan menjadi anggota dengan jalan mendaftar secara gratis. tetapi bila anda menginginkan untuk mencobanya secara full, dapat mendownload di halaman download.

Exit mobile version
Skip to toolbar